Sabtu, 30 November 2013

Menaikkan Kompresi Dengan Las Argon Pada Piston

contoh piston jenong
Menaikkan angka perbandingan kompresi untuk harian sudah tak jaman pangkas kepala silinder. Kalau balap sih tetap wajib. Menaikkan kompresi memang sederhana dan langsung terasa pada performa motor. Sekarang cukup pakai piston jenong. Tahu kan yang jenong-jenong? Itu sama dengan piston diibikin benjol lalu diatur ulang puncak pistonnya (dome). Bicara piston jenong spek racing, saat ini sudah banyak pilihan. Tapi beda cerita bila dana terbatas, tapi tetap ingin kencang. Atau ingin hasil karya tangan sendiri.
hasil las argon pada piston
Caranya adalah dengan memodifikasi piston standar dengan bentuk jenong. Misalnya, pada piston Yamaha Crypton yang berdiameter 49 mm, kepala pistonnya ditambah daging lewat las argon. Kemudian seperti langkah biasa dibubut ulang sehingga hasil customize ini membentuk dome melesak dalam ruang bakar.
hasil setelah dibubut
Jarak dome dibatasi 1 mm dari kepala busi. Kalau lebih dari itu, akan nabrak saat di TMA. Selisih piston dengan kubah disisakan 2 mm agar tidak terlalu padat. Untuk pengerjaan butuh tenaga ahli yang terlatih biar hasil optimal. Las argon punya kelebihan pada kekerasan nya. Lumayan kuat menahan kompresi dan suhu tinggi pada ruang bakar. Bentuk dome biasanya ikut desain kubah cylinder head. Yang penting punya jarak 2 mm dari dinding kubah. Itu tadi patokan tingginya 1 mm dari busi, selebihnya bebas berkreasi sesuai kompresi yang diinginkan.

Kamis, 28 November 2013

9 Aditif Pada Pelumas

9 Aditif Pada Pelumas - Kata aditif sudah tidak asing di telinga. Seperti kita tahu, aditif adalah salah satu komponen utama pada pelumas atau oli mesin. Oli mesin terbuat dari bahan dasar base oil, ada mineral atau sintetik yang kemudian harus dicampur dengan aditif agar bisa digunakan untu melumasi komponen mesin. Total ada 9 aditif pada oli mesin, komposisinya tinggal sesuai dengan kebutuhan.
semua oli terdapat aditif
Masing-masing merek oli pasti berbeda komposisinya. Perbedaan ini disesuaikan dengan keunggulan yang akan diberikan oleh pabrikan oli untuk konsumennya. Lalu apa saja aditif yang ada pada pelumas mesin ini? Berikut rincinannya satu persatu.
  1. Anti Oksidan, fungsinya untuk mencegah terjadinya proses oksidasi pada molekul pelumas.
  2. Detergent, untuk menjaga permukaan logam agar bebas dari kotoran.
  3. Dispersant, mengendalikan dan membawa kotoran agar terdispersi merata dalam pelumas.
  4. Anti karat atau korosi, untuk mencegah terjadinya karat pada bagian logam yang berhubungan dengan pelumas.
  5. Anti wear, mencegah gesekan dan keausan permukaan mesin.
  6. Friction modifier, untuk meningkatkan tingkat kelicinan film pelumas.
  7. Pour point despressant, mampu menjadikan pelumas tetap mudah mengalir pada temperatur rendah. 
  8. Anti foam, mencegah terbentuknya busa ada pelumas.
  9. Viscosity improver, untuk menjaga viskositas oli pada suhu rendah dan tinggi.

Rabu, 27 November 2013

ECU BRT Dualband - Juken 2

ECU BRT Dualband - Juken 2 - Inovasi baru dengan teknologi algoritma yang cerdas, melahirkan JUKEN-2. JUKEN-2 dirancang untuk meningkatkan performa motor harian, korek harian atau performa racing/balap. Beberapa fitur terbaru JUKEN-2 memudahkan pemakai untuk melakukan setting injeksi untuk menghasilkan performa terbaik .
Ecu BRT - Juken 2
JUKEN-2 dilengkapi teknologi DUAL BAND, sehingga biker dapat memilih langsung mapping ekonomis dan performance. Teknik pengaturan debit bahan bakar yang paling mudah digunakan adalah E-MAP (Easy Map), sangat cocok untuk pemula atau yang lebih ahli.

ECU ini dilengkapi dengan remote programmer, sehingga pemakai bisa mengatur parameter sbb:
  1. Injection Mapping (Koreksi Mapping)
  2. Ignition Timing (Kurva Pengapian)
  3. Revolution Limiter ( Batasan putaran Mesin)
  4. Injection Timing (Waktu penyemprotan)
  5. Kalibrasi TPS (Throttle Position Sensor)
Tersedia model :
Model : Vixion Old, Verza 150, Supra 125, Beat, Spacy, Scoopy, Jupiter Z1

Senin, 25 November 2013

Mengakali Rantai Keteng/Kamprat Honda Grand/Supra/Legenda Yang Berisik

Mengakali Rantai Keteng/Kamprat Honda Grand/Supra/Legenda Yang Berisik - Model setelan rantai kamprat generasi Honda C-series masih menganut model konvensional. Model ini hanya tahan hingga 8000 rpm dan cepat minta ganti rantai. Bila rantai keteng/kamprat Anda sudah minta ganti ada solusi hemat disaat dompet tipis. Yaitu dengan mengurangi tuas tensioner yang berdekatan dengan crankcase.
bagian yg dipapas
Caranya:
1. Buka Tuas Presneling, dan Bak Magnet
Untuk langkah ini membutuhkan Kunci 10 untuk tuas presneling, kunci T8 untuk membuka keempat baut pengikat bak magnet. Tidak perlu khawatir oli tumpah, karena daerah ini termasuk daerah kering tanpa adanya oli.

2. Lepas Magnet
Melepas magnet membutuhkan treker magnet khusus. Buka terlebih dahulu baut pengikatnya menggunakan kunci 14. Lepas magnet menggunakan treker.

3. Lepas Sistem Starter
Buka baut pengunci, lidah penahan rantai, gear starter, dan rantai starter.

4. Operasi dimulai
Buka tuas penonjok/tuas tensioner menggunakan kunci 17. Untuk melepas part ini, per tensioner harus dilepas terlebih dahulu. Caranya dengan menggunakan kunci 14, baut pada bagian bawah dibuka. Hati - hati per meloncat. Setelah terlepas, silahkan kikir tuas tersebut atau menggunakan gerinda. Tidak perlu banyak - banyak, hanya sampai tuas tidak menempel pada crankcase atau ada jarak bebas 1 - 2 mm. Pasang kembali tuas, masukkan per dan pasang. Setel ketegangan rantai keteng dan kencangkan.

5. Pasang kembali semua part.
Caranya dengan kebalikan proses di atas. Setelah beres, nyalakan mesin dan cek.

Sabtu, 23 November 2013

Karakter dan Substitusi Part Roller Tensioner Honda Blade

Karakter dan Substitusi Part Roller Tensioner Honda Blade - Berikut ada sedikit informasi tentang trik tips cara ganti roller tensioner rantai Honda Blade. Tensioner pada Honda Blade 110 masih sama dengan punya honda yang lama seperti Honda Grand, Legenda dan Supra X. Tensioner memakai 2 roller yang berada di atas dan bawah di tengah gir keteng bawah atas sistem penekanan menggunakan per dan oli.
rantai keteng Blade
Tensioner Honda Blade di lengkapi dengan roller yang terbuat dari karet. Batasan roller itu hanyalah mencapai 8.000 rpm saja. Roller ini hanya cocok untuk di gunakan untuk harian saja, dan tidak untuk balapan. Dan jika gerigi pada roller sudah habis mestinya harus di ganti dengan roller yang baru, jika tidak maka ketegangan rantai sulit untuk diatur. Idel mesin juga akan berkurang sehingga efeknya adalah penurunan tenaga motor dan bensin menjadi lebih boros. Kem juga menjadi tidak stabil, buka-tutup klep pada ruang bakar juga tidak sesuai dengan pehitungan yang normal. Untuk mengganti roller tensioner Honda Blade bisa menggunakan roller punya motor lawas Honda seperti yang disebut di atas (Grand, Legenda, Supra, dsb.).

Jumat, 22 November 2013

Ganti Noken As Vixion di Jupiter MX

Ganti Noken As Vixion di Jupiter MX - Buat pengendara Yamaha Jupiter MX yang ingin menaikkan performanya tapi tidak mau repot, bisa menerapkan jurus ganti noken as standar dengan noken as Vixion. Tinggal PNP dan jangan lupa waktu beli noken as Vixion sekalian beli pin dowel 2 biji yang biasa ada di noken as mx & vixion, karena waktu beli tidak ada pin dowel nya. Jadi, harus beli lagi pin dowel nya. Basic sama, part number sama cuma beda 3 kode awal sebagai penanda model motor. Vixion = 3C1-E2170-00 kalau Jupiter MX = 1S7-E2170-00. Keuntungannya adalah sebagai berikut.
noken as Vixion
1. Angkatan Klep (Lift)
Tinggi angkatan klep MX 29.65 – 25.10 = 4.55 mm sedangkan VIXION 30.25 – 25.10 = 5.15 mm. Oleh karena lift lebih tinggi, maka kabut bahan bakar yg masuk lebih deras. Untuk penggunaan harian masih aman. Perbedaan cuma 5.15 mm – 4.55 mm = 0.6 mm. Jangan lupa agar mencoak piston sebanyak 0.5 mm agar klep aman dan tidak terbentur piston.
cara mengukur angkatan klep/lift
2. Harga
H.E.T noken as Jupiter MX adalah Rp 245.500 sedangkan VIXION Rp 153.000. Harga ini diambil dari sparepart katalog Yamaha sendiri.
harga noken as di website resmi Yamaha

Kamis, 21 November 2013

Permasalahan Oli Tidak Naik Pada Jupiter Bak Kopling Manual

jalur pelumasan Jupiter
di bak kopling
Permasalahan Oli Tidak Naik Pada Jupiter Bak Kopling Manual - Setelah ditelusuri, piston sangat cepat sekali baret setelah menggunakan bak kopling manual OEM. Selidik punya selidik, ternyata terdapat kebocoran saluran oli. Seharusnya, saluran oli pada bagian gambar di atas harus buntu, alias tidak mengalir. Untuk mengeceknya bisa menuangkan cairan pada lubang kiri dan akan terlihat tidaknya kebocoran saluran oli pada bak kopling Jupiter tersebut. Untuk mengatasinya, cukup menutup total saluran pelumasan yang berada pada contoh di bawah.
tutup saluran pelumasan ke arah kanan
Dapat menggunakan lem besi, atau pun sekalian menggunakan las. Setelah ditambal, cek ulang untuk memastikan tidak adanya kebocoran lagi.
hasil tambalan lem besi
Untuk motor ku sendiri sudah saya tambal menggunakan lem besi. Saya mengetahui hal ini ketika membandingkan rumah kopling saya dengan X1 original Thailand. Pada bak kopling X1 tidak terdapat lagi saluran pelumasan tersebut. Coba cek bak kopling manual kalian, jangan sampai terjadi kebocoran sehingga piston cepat aus.

Rabu, 20 November 2013

Mengganti Aluminium Rumah Kopling Yang Pecah

Mengganti Aluminium Rumah Kopling Yang Pecah - Rumah kopling pecah, pasti motor melaju dengan tidak mantap. Hal ini bisa terjadi akibat kekuatan (power) motor yang terlampau besar atau kesalahan mekanik dalam menggunakan alat-alatnya. Jika sudah pecah, ya harus diganti agar motor tidak tersendat-sendat.
rumah kopling pecah
Ternyata, membeli aluminium rumah kopling nya saja ada kok. Hanya saja seperti biasanya, merk imitasi dan bukanlah part original pabrikan. Untuk harga milik motor Jupiter, saya membeli seharga Rp. 28.500,- dan ini merupakan KW Super. Namun, ketika dibandingkan dengan part asli, hasilnya tetap saja sangat mencolok.
perbandingan aluminium rumah kopling
Cara menggantinya adalah dengan melepas rumah kopling dan menyiapkan aluminium rumah kopling pengganti. Bawa part tersebut ke tukang bubut untuk ditukar antara yang baru dengan yang lama. Ongkos hanya berkisar 25 ribu rupiah saja. Beres sudah dan sekarang rumah kopling dapat digunakan kembali.
hasil aluminium rumah kopling

Selasa, 19 November 2013

Mengganti Karet Damper Kopling Yamaha Jupiter

Mengganti Karet Damper Kopling Yamaha Jupiter - Jika lari motor tersendat-sendat, maka hal ini merupakan pertanda ada yang tidak beres. Bisa kemungkinan rumah kopling sudah mengalami spelling, sehingga laju motor tersendat-sendat. Tidak ada salahnya mengecek bagian ini. Harganya cukup murah kok sehingga minim perawatan.
damper kopling Jupiter
Letak karet damper kopling Yamaha Jupiter terletak di antara gear primer dan boss kopling. Cara menggantinya harus di tukang bubut terlebih dahulu. Ongkos sekitar 25 rb rupiah saja. Untuk jasa bengkel bervariasi tiap bengkel.
posisi damper kopling Jupiter di dalam gear primer

Senin, 18 November 2013

Motor Matik Wajib Cek Komponen CVT

Motor Matik Wajib Cek Komponen CVT - Jangan anggap enteng kalau terdengar suara-suara yang mencurigakan keluar dari dalam CVT skutik Anda. Skutik tunggangan Anda meski pelan akan tetap melaju dengan mengeluarkan bunyi-bunyian tersebut. Namun sepatutnya hal itu jadi pertanda, kalau skutik Anda sudah saatnya diboyong ke bengkel terdekat. 
roller (kanan)
1. Telurusi sumber bunyi
Suara tersebut biasanya keluar dari bagian CVT depan. Ada beberapa part yang ada di bagian tersebut, hanya satu part saja yang jadi penyebab hal itu terjadi.

2. Deteksi kerusakan roller
Keluarnya bunyi-bunyian tersebut, tersangka-nya bisa dipastikan part yang biasa disebut roller. Kalau sudah sampai mengeluarkan bunyi seperti kretek kretek, kebanyakan fisik roller sudah berubah. Dari bulat jadi hancur.
part CVT
3. Cek part lain
Enggak hanya 1 hal saja yang jadi penyebab roller remuk di dalam pulley. Faktor pemakaian yang kemudian membuat roller jadi peyang, bila terus-terusan dipaksa akan berakhir dengan rusaknya part yang berjumlah 6 roller.

4. Ciri roller yang rusak
Ciri roller sudah peyang, seperti belt yang performanya menurun. Saat grip gas dipelintir ada rasa ndut-ndutan.

5. Perhatikan kampas kopling sentrifugal
CVT bagian belakang juga bisa jadi pemicu roller pecah. Bila kondisi kampas kopling sudah waktunya diganti namun tetap dipaksa pakai, bisa jadi pemicu pecahnya roller.

Sabtu, 16 November 2013

Macam Spuyer (Main Jet dan Pilot Jet) Karburator Mikuni

spuyer mikuni
Berikut merupakan macam spuyer (main jet dan pilot jet) dari karburator Keihin yang beredar di Indonesia. Semoga membantu.

PILOT JET
1. M28/1001
Untuk karburator RX100, dsb. Ukuran spuyer original mikuni adalah: 15, 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40.
pilot jet RX100
2. VM22/210
Untuk karburator V80, RX King, dsb. Ukuran spuyer original mikuni adalah: 10, 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40.
pilot jet V80, RX King, dsb.
3. VM28/486
Untuk karburator Jupiter, Satria FU, dsb. Ukuran spuyer original mikuni adalah: 10, 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40, 42.5, 45, 47.5, 50, 52.5, 55, 60, 65.
pilot jet Jupiter, Satria FU, dsb.
MAIN JET
1. N100.604 Large Round
Untuk karburator Jupiter, Vega, Shogun, dsb. Ukuran spuyer original mikuni adalah: 50, 52.5, 55, 57.5, 60, 62.5, 65, 67.5, 70, 72.5, 75, 77.5, 80, 82.5, 85, 87.5, 90, 92.5, 95, 97.5, 100, 102.5, 105, 107.5, 110, 112.5, 115, 117.5, 120, 122.5, 125, 127.5, 130, 132.5, 135, 137.5, 140, 142.5, 145, 147.5, 150, 152.5, 155, 157.5, 160, 162.5, 165, 167.5, 170, 172.5, 175, 177.5, 180, 182.5, 185, 187.5, 190, 192.5, 195, 200, 205, 210, 220, 230, 240.
main jet Jupiter, Shogun, dsb.
2. 4/042 Hex
Untuk karburator TM, dsb. Ukuran spuyer original mikuni adalah: 50, 55, 60, 65, 70, 75, 80, 85, 90, 95, 100, 105, 110, 115, 120, 125, 130, 135, 140, 145, 150, 155, 160, 165, 170, 175, 180, 185, 190, 195, 200, 210, 220, 230, 240, 250, 260, 270, 280, 290, 300, 310, 320, 33,0 340, 350, 360, 370, 380, 390, 400, 410, 420, 430, 440, 450, 460, 470, 480, 490, 500, 540, 560, 580, 600, 620, 640, 650, 660, 680, 700, 710, 720.
main jet TM

Jumat, 15 November 2013

Macam Spuyer (Main Jet dan Pilot Jet) Karburator Keihin

spuyer keihin
Berikut merupakan macam spuyer (main jet dan pilot jet) dari karburator Keihin yang beredar di Indonesia. Semoga membantu.

PILOT JET
1. N424-21
Untuk karburator FCR-MX. Ukuran spuyer original keihin adalah: 38, 40, 42, 45, 48, 50, 52, 55, 58, 60, 62, 65, 68, 70, 72, 75, 78, 80.
pilot jet FCR-MX.
2. N424-22
Untuk karburator Supra X 125, C-100 series, C70, dsb. Ukuran spuyer original keihin adalah: 38, 40, 42, 45, 48, 50, 52, 55, 58, 60, 62, 65, 68, 70.
pilot jet Supra, Grand, dsb.
3. N424-24
Untuk karburator CR. Ukuran spuyer original keihin adalah: 42, 45, 48, 50, 52, 55, 58.
pilot jet karburator CR

4. N424-25
Untuk karburator CV,CVK, FCR. Ukuran spuyer original keihin adalah: 38, 40, 42, 45, 48, 50, 52, 55, 58, 60, 62, 65.
pilot jet CVK
5. N424-26
Untuk karburator Tiger, PE, GL-series, Vario, Beat, dsb. Ukuran spuyer original keihin adalah: 38, 40, 42, 45, 48, 50.
pilot jet Tiger, GL-series, dsb.
MAIN JET
1. Round 99101-393
Untuk karburator Tiger, PE, GL-series, Vario, Beat, dsb. Ukuran spuyer original keihin adalah: 60, 62, 65, 68, 70, 72, 75, 78, 80, 82, 85, 88, 90, 92, 95, 98, 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128, 130, 132, 135, 138, 140, 142, 145, 148, 150, 152, 155, 158, 160, 162, 165, 168, 170, 172, 175, 178, 180, 182, 185, 188, 190, 192, 195, 198, 200.
main jet PE, GL-series, Tiger, dsb.
2. Hex 99101-357
Untuk karburator PJ, PWM, PWK, CR Special, FCR-MX. Ukuran spuyer original keihin adalah: 80, 82, 85, 88, 90, 92, 95, 98, 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128, 130, 132, 135, 138, 140, 142, 145, 148, 150, 152, 155, 158, 160, 162, 165, 168, 170, 172, 175, 178, 180, 182, 185, 188, 190, 192, 195, 198, 200, 205, 210, 215, 220, 225, 230.
main jet PJ, PWK, dsb.
2. 1001-806
Untuk karburator CS-1 dan CBR 150. Ukuran spuyer original keihin adalah: 90, 92, 95, 98, 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 125, 130, 135, 138, 140, 142, 145, 150, 155, 160, 162, 165, 170, 175, 180, 185.
main jet CS1 dan CBR 150

Kamis, 14 November 2013

Korek Harian Yamaha F1ZR 120 cc

1. Piston NPP F1ZR oversize 200 dengan diameter 54 mm
Piston menggunakan diameter 54 mm agar kapasitas mesin dapat melonjak menjadi 120 cc. Agar mudah, piston sengaja dipilih dari NPP standar oversize 200 yang tinggal kolter dan pasang saja.
piston standar oversize 200
2. Silinder Kop costum
Kubah dibuat sebesar 9 cc dengan squish 7 mm dan nat 0.4 mm. Sudut dapat menggunakan besar 14º. Rasio kompresi pasti akan naik karena volume kubah yang sempit.
kubah costum
3. Porting polish
Porting exhaust dibuat 28 mm dengan lebar 38 mm. Porting intake atau lubang bilas tetap standar dengan bagian dalam sedikit diperbesar.
blok costum
4. Reed valve
Stopper membran dibuat 11 mm jaraknya agar pemasukkan bahan bakar lebih optimal. Reed valve sendiri menggunakan standar.
stopper dibuat jauh sedikit
5. Karburator standar jetting ulang
Kira-kira spuyer menggunakan PJ ukuran 20 dengan MJ ukuran 115.
letak spuyer karburator F1ZR
6. Knalpot standar costum
Knalpot pakai standard F1ZR dengan meluruskan stinger ke silencer (diameter stinger 20mm).
knalpot costum F1ZR

Produk Klep CLD Valve Cap

Produk Klep CLD Valve Cap - Salah satu kendala di motor balap yang ganti klep adalah ujung as klep yang melebar. Ini terjadi bisa akibat dari lift kem tinggi atau kekuatan as klep yang kurang baik. Maklum biasanya motor balap pakai klep motor lain yang asnya kepanjangan dan mesti dipotong, nah setelah dipotong kendati dihardener tetap enggak sekuat aslinya.
valve cap
Jika ujung as klep melebar, performa pasti drop, lantaran lift klep enggak setinggi saat as masih normal. Untuk mencegah hal itu, kebanyakan mekanik mengandalkan topi klep atau valve cap. Biasanya mereka bikin sendiri, minta tolong tukang bubut.
Melihat peluang itu, CLD inisiatif bikin valve cap dan dijual massal. Biar mekanik enggak repot tinggal pasang, harga juga terjangkau. Harga 1 bijinya sekitar Rp 50 ribu.

Nah produk CLD ini sepasang dijual Rp 90 ribu, artinya sedikit lebih terjangkau dan enggak perlu repot bikin. Tinggal pasang deh, kekuatan dijamin karena sudah diuji di tim balap, bahan dari baja. CLD valve cap ini bisa dipakai untuk klep dengan diameter as 4,5 mm dan 5 mm.

Rabu, 13 November 2013

Substitusi Mesin C70 Menggunakan Supra/Grand (C100 Engine)

Substitusi Mesin C70 Menggunakan Supra/Grand (C100 Engine) - Mesin C70 sebenarnya susah susah gampang untuk dikorek. Alangkah baiknya menukar mesinnya langsung dengan milik C100 seperti supra series, grand, dsb. Untuk engine mounting/baut mesinnya sama dan tinggal pasang.
mesin C70
Terlihat bukan kesamaannya? Memang sebenarnya tinggal pasang saja mesin C70 dengan C100 yang lain.
mesin supra

Selasa, 12 November 2013

Merubah C70 Platina Menjadi CDI

Merubah C70 Platina Menjadi CDI - C70, atau lebih dikenal dengan ulung, masih menggunakan sistem pengapian platina. Agar simpel, biasanya orang merubah pengapiannya menggunakan CDI. Namun, double starter harus menjadi korban dan harus dinonaktifkan. Pada kali ini, saya memberi sedikit tips untuk merubah Platina C70 menjadi CDI.
C70 menggunakan CDI
Caranya:
1. CDI Grand
Harga CDI Grand/Supra sekitar 150rb original. Untuk soket nya sebagai berikut.
pin soket CDI grand/supra
2. Pulser Grand
Pulser diharuskan menggunakan milik motor lain karena C70 tidak mempunyai pulser. Pulser ini dapat menggunakan milik grand dengan peletakkan pulser yang harus pas. Jika terlalu kanan, maka pengapian maju, sedangkan pulser terlalu ke kiri maka pengapian akan mundur.
pulser grand di C70
3. Spul
Spul menggunakan model terpisah antara spul lampu dan spul pengapian (model C70 engkel). Ada baiknya kondisi spul dicek ulang dan digulung ulang kalau spul ada yang terbakar.
spul model terpisah
4. Modif tonjolan magnet
Magnet standar tidak terdapat tonjolan pickup pulser. Untuk ini harus dibuatkan di tukang las. Panjang pulser disamakan dengan magnet Supra/Grand. Kalau tidak salah panjangnya adalah 15 mm.
tonjolan pulser pickup
5. Mengurutkan kabel
Skematik diagram kelistrikannya adalah sebagai berikut.
skema kelistrikannya
Pada kabel CDI-Pulser dengan warna kabel biru-merah dihubungkan sebagai input CDI dari spul. Pin terletak di nomor 1.
Pada 3 kabel lain dari spul dihubungkan ke kiprok dengan warna hijau sebagai massa, warna kuning sebagai lampu ke kiprok, dan warna putih masuk ke kiprok.